Perintah Untuk Menjaga Sholat Wajib


وعن ابن مسعود - رضي الله عنه - قال: سألت رَسُول اللهِ - صلى الله عليه وسلم - أيُّ الأعْمَالِ أفْضَلُ؟ قَالَ: «الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا» قلتُ: ثُمَّ أيٌّ؟ قَالَ: «بِرُّ الوَالِدَيْنِ» قلتُ: ثُمَّ أيٌّ؟ قَالَ: «الجِهَادُ في سَبِيلِ اللهِ» . متفقٌ عَلَيهِ.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: aku bertanya kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, amal apakah yang paling utama? Beliau menjawab: sholat pada waktunya. Aku berkata: lalu apa lagi? Beliau menjawab: berbuat baik kepada kedua orang tua. Aku berkata: lalu apa lagi? Beliau menjawab: jihad di jalan Allah. Muttafaqun ‘Alaih.


Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dalam al-Mawaqit (Bab Keutamaan Sholat Pada Waktunya). Diriwayatkan oleh Muslim dalam al-Iman (Bab Penjelasan Tentang Iman Kepada Allah Adalah Amal Yang Paling Utama).
Bahasa Hadits

الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا : dikatakan maknanya adalah sholat di awal waktu, dan dikatakan maknanya adalah sholat pada waktunya.

Faidah Hadits

1.       Sesungguhnya hak – hak Allah yang paling utama untuk dipenuhi dengan ikhlas setelah kita mengucapkan dua kalimat syahadat adalah dengan melaksanakan sholat.

2.       Hak – hak manusia yang paling utama untuk dipenuhi  adalah haknya kedua orang tua.

3.       Pengorbanan yang paling utama adalah dengan berjihad, karena jihad itu adalah sarana (wasilah) untuk menjaga hak – hak Allah dan juga hak – hak manusia.

4.       Haramnya mengeluarkan sholat dari waktunya. Imam asy-Syafi’i berkata: sesungguhnya, barangsiapa yang sengaja meninggalkan sholat karena malas hingga keluar dari waktu daruratnya, maka ia dihukum dengan had bunuh apabila ia tidak bertaubat.