Keutamaan Berjalan Menuju Masjid


عن أبي هريرة - رضي الله عنه: أنَّ النبيَّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ: «مَنْ غَدَا إلى المَسْجِدِ أَوْ رَاحَ، أعَدَّ اللَّهُ لَهُ فِي الجَنَّةِ نُزُلًا كُلَّمَا غَدَا أوْ رَاحَ» . متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berangkat ke masjid di pagi dan sore hari, maka Allah akan menyediakan baginya hidangan di surga setiap kali dia berangkat ke masjid di pagi dan sore hari." (Muttafaqun ‘Alaih).

Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari di dalam al-Adzan (Bab Keutamaan orang yang pergi ke masjid baik pagi maupun sore hari),  diriwayatkan oleh Muslim di dalam al-Masajid (Berjalan kaki menuju masjid dapat mengahapus dosa dan meninggikan derajat)

Bahasa Hadits:

غَدَا : Pergi sebelum siang hari

رَاحَ : Pergi setelah siang hari

 نُزُلًا : Apa – apa yang disediakan untuk tamu dalam rangka memuliakannya

Faidah Hadits:

Hadits ini menunjukkan bahwa Allah memuliakan orang – orang yang pergi ke masjid di waktu pagi dan sore hari, karena sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala adalah Zat yang Paling Mulia di antara orang – orang yang mulia, dan Dia tidak akan menyia – nyiakan pahala bagi orang – orang yang berbuat kebaikan.